AKSI NYATA TOPIK KURIKULUM MERDEKA

Setelah mempelajari Topik Kurikulum Merdeka, maka saya dapat mengambil beberapa kesimpulan sebagai berikut: 

A. Pengertian Kurikulum 
Kurikulum adalah suatu program pendidikan yang berisikan berbagai bahan ajar dan pengalaman belajar yang diprogramkan, direncanakan dan dirancangkan secara sistemik atas dasar norma-norma yang berlaku yang dijadikan pedoman dalam proses pembelajaran bagi tenaga kependidikan dan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan. Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan lapangan kerja. Lama waktu dalam satu kurikulum biasanya disesuaikan dengan maksud dan tujuan dari sistem pendidikan yang dilaksanakan. Kurikulum ini dimaksudkan untuk dapat mengarahkan pendidikan menuju arah dan tujuan yang dimaksudkan dalam kegiatan pembelajaran secara menyeluruh.

B. Fungsi Kurikulum Dalam Rangka Mencapai Tujuan Pendidikan 
Fungsi kurikulum dalam pendidikan tidak lain merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Dalam hal ini, alat untuk menempa manusia yang diharapkan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Pendidikan suatu bangsa dengan bangsa lain tidak akan sama karena setiap bangsa dan negara mempunyai filsafat dan tujuan pendidikan tertentu yang dipengaruhi oleh berbagai segi, baik segi agama, ideologi, kebudayaan, maupun kebutuhan negara itu sendiri. 

C. Mengapa Kurikulum Harus Berubah 
Kurikulum ya memang harus berubah. Mengapa ? tentu saja untuk menjawab tantangan zaman. Kurikulum tidak dapat dipergunakan dalam satu waktu terus menerus karena dunia terus berubah. Maka dunia pendidikan sebagai pilar utama dalam membangun dan mendidik generasi harus pula turut berubah.Kurikulum harus selalu berubah agar sesuai dengan perkembangan zaman, apalagi masa sekarang ini ilmu pengetahuan dan teknologi informasi telah berkembang semakin masif dan tak terkendali. Cara mengajar Peserta didik pada masa sekarang tentu berbeda dengan peserta didik pada masa beberapa tahun yang silam. Hal ini jika tidak bisa difasilitasi oleh pendidik ataupun sekolah tentunya akan menjadi bumerang.

D. Mengenal Kurikulum Merdeka 
Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.Dalam proses pembelajaran guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Di dalam kurikulum ini terdapat projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila. Dimana dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah.

E. Keunggulan Kurikulum Merdeka 
Setiap Kurukulum pasti mempunyai kelebihan masing-masing, begitu juga dengan Kurikulum Merdeka. Menurut saya keunggulan dari Kurikulum Merdeka itu adalah: 
1. Lebih Sederhana dan Mendalam 
2. Lebih Relevan dan Interaktif

Demikian sedikit hal yang bisa saya simpulkan dari Topik Kurikulum Merdeka, semoga informasi yang saya sampaikan dapat memberikan insight baru bagi para pendidik.

Jangan lupa berikan feedback/komentar terhadap postingan saya.

Komentar

  1. Great Mr Djati.Penjelasan ini menambah informasi tentang kurikulum merdeks

    BalasHapus
  2. Terimakasih bapak atas penjelasannya. Menambah informasi tentang apa itu kurikulum merdeka 😇

    BalasHapus
  3. Penjelasan tentang kurikulum merdeka ini sangat mudah untuk dipahami, menjadikan saya yg tidak mengerti dulunya menjadi mengerti dan paham

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BILANGAN BERPANGKAT DAN BENTUK AKAR